Assalamualaikum atau Assalamualaika ketika kita Bertemu dengan Seseorang

Suhux.com - Assalamualaikum atau Assalamualaika - Biasanya kalau kita ketemu dengan seseorang (sama-sama muslim, baik kenal atau tidak kenal), atau sedang bertamu ke rumah seseorang, Ucapkan yang pertama kali kita lontarkan adalah ucapan Assalamualaikum.

Pernah gak terfikir kenapa pakai "kum", kok gak pakai "ka", kan yang kita temui atau kita hadapi cuma satu atau dua orang?

Kenapa redaksi yang familiar justru menggunakan kalimat kum (jama' mukhotob) padahal orang yang kita temui atau jumpai kadang Cuma Satu atau dua orang, karuan aja kalau memang yang sedang kita temui banyak orang. Lah ini cuma satu orang, dan redaksi yang biasanya kita ucapkan Assalamualaikum.

Why? Ya...  karena kita sudah diajarkan kalimat Assalamualaikum dari dulu, bukan Assalamualaika.

Jadi enaknya yang mana ini bila bertemu dengan orang satu, apa harus pakai redaksi Assalamualaika atau tetap menggunakan redaksi Assalamualaikum

Assalamualaikum atau Assalamualaika?

Hmmmm..... Bingungkan?

Yang pasti keduanya benar dan keduanya baik.

Tapi, ada yang lebih utama.

Yang lebih utama adalah Assalamualaikum, walaupun orang yang kita temui cuma satu atau dua orang.

Alasannya?

Kalimat Assalamualaikum ("kum" dhomir jama' Mukhottob Muttashil majrur) yang kita ucapkan sejatinya bukan hanya untuk satu orang yang sedang kita hadapi, akan tetapi juga untuk dua malaikat yang mendampingnya, yaitu malaikat Rakib dan Atid.

Sehingga lebih afdholnya ungkapan salam tersebut menggunakan redaksi Assalamualaikum yang digunakan bukan menggunakan kata ganti tunggal (ka) tapi kata ganti jama, yaitu lebih dari dua (kum).

Lalu, mengapa kita juga perlu memberikan salam kepada dua malaikat tersebut? Apa manfaatnya? Apa sirrinya (rahasia yang terdapat di dalamnya)?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita merujuk pada pendapat as-Syekh Imam Nawawi al-bantany dalam kitabnya yang berjudul Marah Labid, beliau menjelaskan:

وإذا استقبلك واحد فقل: السلام عليكم، واقصد الرجل والملكين فإنك إذا سلمت عليهما ردا السلام عليك ومن سلم الملك عليه فقد سلم من عذاب الله

"Apabila seseorang mendatangimu maka ucapkanlah "Assalamualaikum" dan niatkanlah salam itu untuk satu orang tersebut dan dua orang malaikat (yang mendampinginya). Karena bila engkau mengucapkan salam kepada kedua malaikat tersebut, maka kedua malaikat tersebut akan membalas salammu. Barangsiapa yang disalami oleh malaikat maka ia selamat dari siksa Allah."

Jadi pada intinya, ketika kita  mengucapkan salam kepada seseorang, otomatis kita juga mengucapkan salam kepada kedua malaikat yang mendampinginya.

Wallahu A'lam.
Apabila artikel ini bermanfaat bagi anda, tolong bantu saya men-share kepada orang lain, sehingga banyak orang yang mendapatkan manfaat dari tulisan ini melalui tangan anda.
data:post.title
Seseorang yang lebih suka menulis dan membagikan apa yang di tuliskan agar dunia tahu.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Berlangganan update artikel terbaru via email:

    0 Response to "Assalamualaikum atau Assalamualaika ketika kita Bertemu dengan Seseorang "

    Post a comment