Perbedaan Kepiting dan Rajungan Membawa Perbedaan Hukum Fiqih

Kepiting dan Rajungan? What.....?


SuhuX.com - Jika dilihat hanya sekilas antara kepiting dan rajungan sangatlah mirip. Padahal sejatinya antara Rajungan dan kepiting berbeda.

kali ini Suhu X akan memaparkan perbedaan antara  kepiting dan rajungan. Karena dengan adanya perbedaan ini, maka hal tersebut berdampak pada perbedaan dalam hukum fiqih.

Perbedaan Kepiting dan Rajungan Membawa Perbedaan Hukum Fiqih

Bentuk Kepiting  dan Rajungan memang mirip, sehingga banyak orang yang sulit membedakan mana kepiting dan rajungan. Akan tetapi sesungguhnya perbedaan itu jelas. Baik dari bentuk tubuh, rasa diantara keduanya ketika diolah.


Berikut ini 5 perbedaan antara kepiting dan rajungan.


1. Habitat

Kepiting dan rajungan sama-sama tinggal di laut. Akan tetapi satu sama lain berbeda habitatnya. rajungan hidup di satu alam, Hanya di laut saja. Dan ia akan mati bila tidak ditaruh di tempat yang berisi air. Berbeda dengan kepiting, kepiting bisa bertahan hidup di darat selama 4-5 hari. Ini artinya kepiting adalah hewan yang bisa hidup di dua alam. Iya bisa dikategorikan sebagai hewan amfibi (amphibi).

Keberadaan kepiting tidak terlalu dalam dari perairan air laut. Kepiting sering ditemukan di pinggir pantai. Berbeda dengan rajungan, ia lebih sulit ditemukan, karena ia hidup di perairan lebih dalam. Selain itu, rajungan hanya hidup di air laut saja, sedangkan kepiting bisa hidup di air laut atau air tawar.

Dari ciri-ciri habitat di atas antara rajungan dan kepiting dapat disimpulkan bahwa kepiting adalah hewan yang hidup di dua alam, sedangkan Rajungan hidup di satu alam (air)

Perbedaan habitat ini memberikan kesimpulan yang berbeda pula dalam masalah hukum fiqih. Jika kita melihat pendapat mayoritas ulama (jumhur), mereka mengatakan bahwa hewan yang hidup di dua alam, hukumnya haram dimakan. Meskipun ada sebagian kecil pendapat ulama yang menyatakan halal.
Lihat :
(Syekh Kamaluddin ad-Damiri, Hayat al-Hayawan al-Kubra, juz 1, hal. 237).
(Syekh Ibnu Hajar al-Haitami, Tuhfah al-Muhtaj, juz 14, hal. 212)
Syekh Abu Hamid dan imam al-Haramain memberikan status haram pada hewan yang hidup di dua alam. Hal ini Mengacu pada ketetapan madzhab yang shahih (benar). Dan mayoritas ulama juga mengacu pada pendapat ini.


2. Bentuk tubuh

Kepiting dan rajungan termasuk dalam kelompok hewan krustasea, yaitu hewan yang memiliki kulit keras. Jika dilihat secara sekilas, keduanya tampak sama dalam bentuk dan bodinya. Akan tetapi terdapat perbedaan dalam bentuk tubuh keduanya.

Rajungan memiliki capit yang lebih panjang dan ramping, serta bentuk tubuh yang lebih ramping. Sedangkan kepiting memiliki capit yang tidak terlalu panjang dan lebih besar dibandingkan dengan capit rajungan. Sedangkan bentuk tubuhnya, kepiting agak berbentuk lebih bulat dan lebih tebal.


3. Corak tubuh

Bukan hanya dari struktur body saja yang berbeda, akan tetapi corak dari kedua hewan laut ini juga berbeda. Corak tubuh ini perlu anda ingat dengan baik, agar anda lebih mudah untuk membedakan di antara keduanya.

Kepiting memiliki warna tubuh agak kehijauan, untuk kepiting jantan warna tubuhnya hijau kecoklatan, sedangkan kepiting betina warna tubuhnya terdapat bercak putih. Warna tubuh rajungan agak kebiruan dengan bercak putih yang lebih terang.


4. Tekstur daging dan Rasa

Tekstur daging kepiting lebih lembut daripada rajungan dan porsi daging rajungan lebih sedikit dibanding daging kepiting. Hal ini dikarenakan bentuk body dan cangkang kepiting lebih besar dan tebal, sehingga ia memiliki porsi daging yang lebih dari pada rajungan.
Soal rasa, daging kepiting memiliki rasa yang lebih manis dibanding daging rajungan.


5. Kandungan nutrisi

Baik kepiting dan rajungan keduanya sama-sama mengandung protein yang banyak dan juga dipenuhi dengan beragam nutrisi, Seperti vitamin B, vimtain E, fosfor, yodium, mangan, hingga zinc dan lain-lain. Tapi kandungan protein yang terdapat pada rajungan lebih banyak dibanding kepiting. Selain itu, kandungan kolesterol rajungan lebih rendah dibanding kolesterol pada kepiting.
data:post.title
Seseorang yang lebih suka menulis dan membagikan apa yang di tuliskan agar dunia tahu.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Berlangganan update artikel terbaru via email:

    0 Response to "Perbedaan Kepiting dan Rajungan Membawa Perbedaan Hukum Fiqih"

    Post a comment