Tsaniyatil Wada' : Awal Mukjizat Yang ditampakkan Nabi Pertama di Madinah

Tsaniyatil Wada' 


Suhux.com - Berbicara mengenai Tsaniyatil wada', imajinasi kita akan dibawa pada sebuah peristiwa besar dalam Islam. Yaitu peristiwa hijrahnya HadroturRosul, Nabi Muhammad shollallahu alaihi wasallam dari Mekkah ke Madinah.

Boomingnya nama Tsaniyatil wada' karena adanya sebuah qosidah atau nashid "Thola'al badru 'alaynâ min tsaniyyatil wadâ'i" # "Wajabasy-syukru 'alaynâ mâ da'â lillâhi dâ'î"

Hijrah Nabi Muhammad (hijrah di umur 53) ke Madinah merupakan kloter yang paling akhir. Setelah para sahabat sudah sampai terlebih dahulu di kota Madinah, baru beliau berangkat.


Tsaniyatil Wada' : Awal Mukjizat Yang ditampakkan Nabi Pertama di Madinah

Di kota Madinah (sebelumnya bernama Yatsrib), hadroturrosul sudah ditunggu-tunggu. Para penduduk kota Madinah Di dalam menunggu hadrotul Rasul setiap hari berangkat dari rumahnya di pagi-pagi buta, tapi hadroturrosul tak kunjung datang juga.

Selama masa tunggu, para penduduk kota Madinah berharap-harap cemas, sehingga ada yang tidak sabar hingga naik gunung, ada yang memanjat pohon kurma, mereka semua mencari-cari mana kok belum datang juga.

Subhanallah, dari jalur Mekkah Madinah yang umum dilewati, justru hadroturrosul tidak terlihat. Ternyata hadraturrasul justru datang di Madinah melalui tsaniyatil wada'.

Apa itu tsaniyah?

Tsaniya-istnani-mutsanna artinya dua. Lereng/jalan himpitan yang terletak di antara dua gunung yang berliku-liku yang angker sekali.

Apa itu Wada' ?

Wada' artinya perpisahan, selamat tinggal.

Artinya letak geografis tsaniatil Wada' angker sekali. Dan memang, tempat tersebut oleh penduduk Madinah dan sekitarnya diyakini sebagai tempat paling angker, sekali lewat di situ, tidak akan kembali, sudah selamat tinggal. Kalau dalam term bahasa jawa diistilahkan "Gung liwang Liwung jalmo Moro jalmo mati". Kalau tidak dibunuh penyamun, atau tempat dedemit berkumpul di situ.

Kedatangan hadroturrosul ke Madinah, memang tidak melalui jalur lintas biasanya, akan tetapi melalui jalur baru yang disakralkan dan ditakutkan oleh penduduk Madinah. Begitu hadrotul Rasul muncul dari tsaniyatil wada', seantero Madinah terkagum-kagum. 'wah.. Ini Nabi sungguhan, tidak ada orang yang berani lewat di situ. Tapi orang yang bernama Muhammad ini dengan tenangnya melaui jalur itu.

Kejadian yang sangat menggemparkan ini, sekaligus menjadi shock therapy bagi orang-orang musyrik.

Datangnya saja sudah menggemparkan dan membuat orang terkagum-kagum. Ini dakwah yang hebat. Ini bukan sembarangan orang yang lewat situ.

Maka segeralah Nusyaibah bintu Haris al-Anshariyyah memimpin grub qosidahnya mendendangkan pujian Thola'al badru 'alaynâ min tsaniyyatil wadâ'i dan seterusnya. Itulah bentuk Mukjizat yang Nabi Tampakkan diawal kedatangannya di Madinah

Semoga kita menjadi umatnya dan mendapatkan syafaatnya kelak di Hari Kiamat. Amiin Allahuma aamiin.
data:post.title
Seseorang yang lebih suka menulis dan membagikan apa yang di tuliskan agar dunia tahu.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Berlangganan update artikel terbaru via email:

    0 Response to "Tsaniyatil Wada' : Awal Mukjizat Yang ditampakkan Nabi Pertama di Madinah"

    Post a comment