7 NASIHAT MAULANA JALALUDDIN AR-RUMI

Beliau (Jalaluddin ar-Rumi "قدس الله سره") adalah seorang ulama' besar dan kenamaan di zamannya, Selain itu beliau juga seorang penyair. Banyak syair-syair yang indah dan bisa dibuat ibarat dan diambil suri tauladan sampai sekarang, karena di dalamnya penuh dengan nasihat untuk bekal dalam mengarungi kehidupan.

7 nasihat Jalaluddin ar-Rumi

Di antara nasihat-nasihat beliau adalah:


1. Jika anda termasuk orang yang dermawanan, suka membantu dan menolong orang, jadilah seperti sungai. ⠀

Maksudnya : Berilah mereka, bantulah mereka dan jangan pernah ungkit kembali serta terus memberikan manfaat tak henti-henti (laksana air sungai yang terus mengalir) tanpa mengharap ada balasan dari orang yang dibantu.

2. Berilah kasih sayang kepada semua laksana matahari. ⠀

Maksudnya : Berilah sinar dan kehangatan kepada siapa saja, tak peduli orang baik atau orang buruk, meski nanti tak ada ucapan terima kasih bahkan dicaci maki.

3. Tutuplah aib orang lain, jadilah seperti gelapnya malam. ⠀

Maksudnya : Tutup rapat-rapat semua aib dan rahasia orang, jangan pernah membocorkannya.

4. Kendalikan amarah dan murka, jadilah seperti orang mati.

Maksudnya : Diam dan jangan lakukan apapun, karena kemarahan akan menimbulkan penyesalan di kemudian hari. Awal kemarahan adalah permulaan gila dan akhirnya adalah penyesalan.

5. Hiduplah sederhana hal dan rendah hati, jadilah seperti bumi. ⠀

Maksudnya : Hiduplah sederhana (biasa saja) dan rendah hatilah. Tak perlu menampakkan apa yang kamu miliki, baik ilmu, harta, jabatan dan lain-lain. Jadilah seperti bumi yang selalu rela berada di bawah tapi dapat meninggikan yang lain serta rela di apa-apakan oleh yang lain.

6. Bersikaplah toleransi, jadilah seperti laut. ⠀

Maksudnya : Milikilah hati yang lapang dada, mau menerima dan menampung pendapat orang lain yang berbeda, akan tetapi tetap berpegang teguh pada keyakinan.

7. jadilah diri sendiri, tak perlu menjadi orang lain. ⠀

Maksudnya : Jangan pura-pura, hidup sewajarnya serta berbuat setulus hati. Karena hidup penuh dengan pura-pura atau menjadi orang lain akan dipenuhi kepalsuan dan hal akan jauh dari keikhlasan.

SEMOGA BERMANFAAT.

Mudah-mudahan nasehat dari maulana jalaluddin ar-rumi ini membuat kira tidak salah melangkah dalam mengarungi bahtera kehidupan. Semoga kita senantiasa mendapatkan taufiq dari Allah dan semoga kita termasuk golongan orang-orang sholeh
Amiin
data:post.title
Seseorang yang lebih suka menulis dan membagikan apa yang di tuliskan agar dunia tahu.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Berlangganan update artikel terbaru via email:

    0 Response to "7 NASIHAT MAULANA JALALUDDIN AR-RUMI"

    Post a comment