Syekh Syaqiq al-Balkhi Menghadapi Istri

Syekh Syaqiq al-Balkhi adalah seorang ulama' sufi terkemuka, beliau punya seorang istri yang perangainya amat buruk, etikanya di bawah standar. Sampai-sampai orang heran dengan sikap Syeikh Syaqiq al-Balkhi yang masih saja sabar punya istri kayak gitu

Hingga akhirnya, mungkin orang-orang disekitar beliau sudah amat jengkel dengan kelakuan sang istri, disamping juga kasihan pada Syeikh Syaqiq al-Balkhi, akhirnya mereka memberanikan diri datang kepada beliau, tanpa basa-basi mereka langsung mengungkapkan kejengkelan mereka:

"Wahai syeikh, Kenapa anda mau-maunya masih bertahan dengan kelakuan istrimu yang ndak punya etika kayak gitu, kok ndak cari yang lain, yang lebih baik dari dia kan banyak???"

Syeikh Syaqiq hanya tersenyum mendapat pertanyaan seperti itu, lantas beliau menjawab:
"Benar, kalau dia berperangai buruk maka aku berahlak baik, jika aku meninggalkan dia lantas apa bedanya aku dengannya".

"Di samping itu, kalau aku berpisah dengannya, aku hawatir tidak ada lelaki yang kuat dengannya kelak".

Dinukil dari kitab al-Majalis al-Saniyyah hal: 84

Hikmahnya

Memang benar adanya bahwa hidup di dunia adalah ujian. Orang yang ahlak baik akan diuji dengan orang yang ahlaknya buruk. Apa kita sudah berahlak??? Itu bisa kita buktikan sendiri di lingkungan kita masing-masing.
Buat kalian para kaum hawa, kalau kalian masih dipertahankan hingga sekarang, mungkin itu karena suami kalian ahlaknya baik

Semoga Manfaat
data:post.title
Seseorang yang lebih suka menulis dan membagikan apa yang di tuliskan agar dunia tahu.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Berlangganan update artikel terbaru via email:

    0 Response to "Syekh Syaqiq al-Balkhi Menghadapi Istri"

    Post a comment