Membaca surat Yasin Tiap Malam Jum'at Bid'ah?

Acara rutinan Membaca surat Yasin Tiap Malam sudah menjadi tradisi di tengah masyarakat kita, terutama mereka yang dari golongan nahdliyyin (NU).

Apakah rutinan membaca surat yasin tiap malam jum'at bid'ah? 

Tunggu dulu, jangan terburu-buru langsung menjustice bid'ah. Yang kita baca ini al-Qur'an, bukan membaca yang aneh-aneh, seperti Al-Kitab, majalah, koran dan lain-lain.

Surat yasin termasuk surat istimewa dalam Al-Qur'an. Walaupun begitu bukan berarti surat yang lain tidak istimewa. Semua surat dalam al-Qur'an itu istimewa, tapi ada bagian-bagian tertentu dan faedah tertentu. Kita ambil contoh surat al-Waqi'ah, surat al-Waqi'ah ini juga surat istimewa dalam al-Qur'an, tapi untuk mendapatkan faedah dan rahasianya, membacanya di sore atau pagi hari. Begitu juga dengan surat al-Qur'an yang lain, termasuk juga surat yasin.

Hadits-hadits yang menerangkan tentang keutamaan yasin ini, para ulama ahli hadits mengkategorikan derajat haditsnya. ada yang derajatnya dhoif, hasan dan shohih.

Walaupun status derajat hadits tentang membaca surat yasin ada yang Dhaif, bukan berarti haram apalagi bid'ah apabila di amalkan. Status hadis yang derajatnya Dhaif boleh diamalkan. Yang tidak boleh diamalkan yaitu ketika status derajat hadis dhaif berkenaan dengan masalah hukum islam. 

Untuk hadits yang derajatnya dhaif, maka hadits dhaif boleh diamalkan. Bukan haram dan dilarang diamalkan, bukan. Apalagi mereka yang menyatakan bid'ah. Tambah jauh sekali, bahkan gak nyambung. 

Kita ambil satu hadits saja yang menerangkan tentang keutamaan surat yasin, Nabi Muhammad SAW Bersabda:

ﻣﻦ ﻗﺮﺃ ﻳﺲ ﻓﻰ ﻟﻴﻠﺔ ﺍﺑﺘﻐﺎﺀ ﻭﺟﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﻏﻔﺮ ﻟﻪ

"Barang siapa membaca surat yasin di malam hari karena mengharap ridha Allah, maka Allah ampuni dosa-dosanya". (HR. At-Thobroni 1/255, Abu Ya'la 11/93, Abu Nu'aim dalam Hilyatul Aulia 2/159, Al-Baihaqy 2/480, Ibnu Hibban 6/312).


Status Hadits

Hadits di atas diriwayatkan dari Jundub bin Abdillah ra. Ada juga yang meriwayatkan dari Abu Hurairah melalui jalur Hasan Al-Bashri. Untuk hadits yang melalui jalur ini ada beberapa perowi yg dianggap dhoif. 

Namun setelah diadakan kompilasi oleh para ulama, dan juga setelah dikumpulkan beberapa syawahidnya, maka derjat hadits ini adalah Hasan lighorihi.


Untuk keistimewaan surat yasin ini, Ibnu Katsir di dalam Kitab tafsirnya (yaitu tafsir Ibnu Katsir) beliau mengutip ungkapan Sebagian ulama. Diantara keistimewaan Surat Yasin ini adalah sesungguhnya Surat Yasin yang dibaca ketika sedang dalam kondisi yang sulit maka Allah akan mempermudah perkara tersebut. Seperti engkau membacakan Surat Yasin kepada seseorang yang akan meninggal dunia, (karena berkah bacaan surat yasin) sungguh Allah akan menurunkan rahmatnya dan mempermudah keluarnya roh.


Sahabat Nabi yang Istiqomah Membaca Surah Yasin

Ada seorang sahabat Nabi yang istiqomah selalu membaca surat yasin, beliau membacanya pun pada tiap jum'at. Beliau bernama 'Ammar bin Yasir RA.

(Lihat di At-Thobaqôt Al Kubro Ibnu Sa'd 3/255. Penjelasan yang sama di dalam kitab Tarikh Madinah Dimasqy Ibnu 'Asakir 43/440)

Apakah perbuatan sahabat 'Ammar bin yasir ini termasuk bid'ah karena beliau selalu membaca surat yasin di hari jum'at? 

Sedangkan orang-orang Nahdliyyin membacanya di malam jum'at yang biasanya beri sebutan yasinan. 

Apa kalau membacanya di hari jum'at tidak bid'ah, sedangkan kalau malam jum'at bid'ah?

Sahabat 'Ammar bin Yasir membaca sendiri, sedangkan kaum Nahdliyyin membaca berkelompok atau bersama-sama. 

Apakah karena membaca bersama-sama secara serempak ini lalu Anda membid'ahkannya?

Ah, Tentunya anda terlalu mengada-ada. Tujuannya hanya ingin memojokkan golongan yang rutin mengadakan yasinan. 

Kenapa Anda tidak berkata saja "semuanya bid'ah" karena hanya mengkhususkan malam dan hari jum'at saja.


Mari kita kroscek tentang sahabat 'Ammar bin Yasir RA. 

Sahabat 'Ammar bin Yasir beserta kedua orang tuanya (ibunya bernama Sumayyah RA) pernah didawuhi Rasulullah SAW: "Sabarlah wahai keluarga Yasir, sesungguhnya tempat kalian nanti adalah surga". (HR. At-Thobroni 24/303). Hadits ini dari Utsman bin Affan RA.


Bagaimana Status Hadits di atas?

Menurut Al-Hafidz Imam Ibnu Hajar Al-Haitsami dalam kitabnya Majma' Az Zawa-id 9/293, hadits riwayat At-Thobroni dalam "Al Kabir", semua rijalul haditsnya tsiqqôh. Imam At-Thobroni dalam kitab lainnya yaitu Al Ausath 2/141 dan Al Hakim dalam Al Mustadrok 3/439 mempunyai jalur lainnya riwayat Jabir bin Abdillah RA, dimana Al Hafidz Imam Ibnu Hajar Al haitsamy dalam Majma' Az Zawa-id 9/293 menilai hadits dari riwayat Jabir RA ini semua rijalul haditsnya shohih, selain Ibrahim bin Abdul Aziz yang dinilainya Tsiqot.


Jadi kesimpulannya adalah jangan gampang menuduh orang berbuat bid'ah, bisa jadi apa yang mereka kerjakan sudah ada contohnya pada masa salaf, tapi Anda belum mengetahuinya. Lagian, mana ada orang yang membaca al-Qur'an dengan baik hanya karena bersama-sama dan dilakukan pada malam tertentu lalu dikatakan bid'ah. 

Ini yang dibaca al-Qur'an lo, kalamullah. Kok bisa dikatakan bid'ah hanya karena dibaca pada malam tertentu tanpa ada keyakinan bahwa harus dan wajib dibaca pada malam jum'at. 

Mungkin mereka yang membaca surat Yasin pada malam Jum'at tidak lain hanya mencari tambahan keberkahan karena hari Jum'at adalah Sayyidul ayyam. Atau mereka tidak sempat membaca al-Qur'an sama sekali karena kesibukan pekerjaan, sehingga orang-orang tua dahulu memilih kebijakan untuk membaca surat yasin bersama-sama pada malam jum'at. Dengan sebuah semangat menghidupkan ajaran islam, Jangan sampai dalam satu Minggu orang Islam tidak membaca al-Qur'an.

Kebiasaan membaca satu surat atau beberapa surat Al-Qur'an yang pembacaannya ditentukan harinya, tetapi tidak ada keyakinan bahwa pembacaan Al-Qur'an harus dan wajib di hari itu juga. Maka, bukan hanya di negeri kita saja yang melakukan. Di negara-negara lain juga banyak jam'iyyah yasinan yang membaca secara rutin surat yasin di malam dan hari jum'at.

Masihkah anda berani mengatakan bahwa semua orang itu telah melakukan bid'ah?

data:post.title
Seseorang yang lebih suka menulis dan membagikan apa yang di tuliskan agar dunia tahu.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Berlangganan update artikel terbaru via email:

    0 Response to "Membaca surat Yasin Tiap Malam Jum'at Bid'ah?"

    Post a Comment