Jumlah Ashabus Suffah (Ahlus Suffah)

Ashabus Suffah, Berapa Jumlah Mereka?

Jumlah AshabussuffahAshabus suffah atau yang biasa disebut Ahlus shuffah adalah mereka yang menempati masjid (serambi) Nabawi. Mereka adalah sahabat nabi dari kalangan kaum muhajirin makkah yang ikut hijrah Nabi ke Madinah dan tidak punya tempat tinggal tetap dan pekerjaan.

Sebagian kalangan kaum Ansor menampung Beberapa sahabat kaum Muhajirin. Bahkan Ada beberapa sahabat Muhajirin yang dibawa ke rumahnya dan diberi pekerjaan. Sementara yang lainnya dibawa oleh Rasulullah dan mereka ditempatkan di serambi masjid sebelah kiri. Mereka inilah yang akhirnya dikenal dengan sebutan ashabus suffah atau ahlussufah.

Mengenai jumlah ashabus suffah (sahabat yang tinggal di emperan masjid) ini tidak tetap. Mereka kadang bertambah kadang pula berkurang.

Banyak faktor yang menyebabkan ketidaktertentuannya jumlah ashabus suffah. Bisa jadi karena di antara mereka ada yang mati syahid karena ikut berperang, menikah, dan lain sebagainya sehingga jumlah mereka jadi berkurang.

Baca juga Kriteria Mati Syahid dan Golongan Orang Yang Mati Syahid

Kemudian datang lagi sahabat Muhajirin yang lain, akhirnya jadi bertambah lagi. Jadi jumlah pastinya ashabus suffah tidaklah menentu, karena sahabat yang tinggal di emperan masjid kadang mengalami pasang surut.

Bahkan tidak jarang dari kalangan sahabat Ansor sendiri (pribumi Madinah) ikut bergabung dengan ashabus suffah. Alasan mereka adalah karena ingin berdekatan dengan Nabi Muhammad dan juga ingin tafaqquh fiddin bersama hadroturrosul.

Jadi, jumlah ashabu ssuffah seiring berjalannya waktu selalu berbeda. Kadang 70 orang, kadang lebih dan seterusnya.

Sahabat Abu Hurairah Ra berkata: “Aku melihat ada 70 ashabus suffah. Diantara mereka ada yang tidak punya selendang (semacam kain sarung), ada juga yang hanya punya selimut”. (HR. Bukhori 1/96).

Menurut Imam Ibnu Hajar, apa yang dilihat dari disampaikan oleh Abu Hurairah Ra tersebut adalah yang sedang berada di Shuffah/masjid. Sementara sebelum itu terdapat sekitar 70 orang ashabus suffah yang lain yang yang telah wafat sebagai Syuhada dalam perang bi’r ma’unah.
Para ashabus suffah yang 70 orang inilah yang wafat menjadi syuhada sebelum islamnya Abu Hurairah Ra.(fathul bary 1/536).

Imam Al Maqdisy menyebutkan bahwa Rasulullah SAW mengirim 40 orang ahlushshuffah (mereka ini adalah para huffadz) yang dipimpin Al-Mundzir bin ‘Amr Ra ke Najd untuk berdakwah sekaligus mengajarkan al-Qur’an al-karim di wilayah itu, namun sesampainya mereka di bi’r ma’unah, mereka dikepung dan diperangi hingga semuanya mati syahid (syuhada’), kecuali satu orang yang selamat, yaitu ‘Amr bin Umayyah Adl Dlomry Ra. (Muthohhir bin Thohir dalam kitabnya Al Bad-i wa At Tarikh 4/211).

Jumlah Ashabus Suffah (Ahlus Suffah)

Jadi kesimpulannya adalah tidak ada kesepakatan antar para ulama dan para sejarawan tentang kepastian berapa jumlah ashabus suffah.

Baca Juga Kecerdasan Sayyidina Ali bin Abi Thalib

Pendapat para ulama dan Sejarawan tentang jumlah Ashabus suffah

1. Menurut Abu Abdurrahman As-sulamy (Nama lengkapnya adalah Muhammad bin Husein Al-Azdy An-Naisabury, wafat tahun 412 H/1021 M. Beliau adalah seorang Muhaddits, guru besar wilayah Khurasan/iran. Ratusan kitab beliau karang diantaranya kitab Haqo-iq At-Tafsir, Thobaqot Ash-Shufiyyah) “jumlah ashabussuffah diperkirakan sekitar 600 hingga 700 orang”.

2. Imam Hakim (Nama lengkapnya adalah adalah Muhammad bin Abdullah bin Hamdaweh bin Nu’aim Adh Dhobby An Naisabury, Beliau adalah seorang Muhaddits, wafat 405 H/1014 M) dalam kitabnya Al-Mustadrok menyebutkan bahwa ashabussuffah sekitar 36 orang (Al Mustadrok 3/18).

3. Abu Nu’aim Al Ashfahany (Nama lengkapnya adalah Ahmad bin Muhammad bin Ziyad Al Bashry. Beliau adalah seorang Muhaddits. Pindah ke Makkah dan mengajar diMakkah tahun 340 H/951 M) dalam kitabnya menyebutkan bahwa ashabussuffah jumlahnya 104 orang. (lihat hilyatul auliya 1/337-385 dan 2/3-33).

4. Imam Al Hajuwairy (Nama lengkapnya adalah adalah Abul Hasan,Ali bin Utsman bin Abu Ali Al Jalaby Al Ghoznawy,wafat 465 H/1072 M). Menyebutkan dalam kitabnya kasful mahjub bahwa jumlah ashabussuffah sekitar 34 orang.

5. Imam Al Murjany (Nama lengkapnya adalah Abu Muhammad, Afifuddin Abdullah bin Abdul Malik, wafat tahun 770 H/1369 M). Menulis biografi ashabussuffah sebanyak 44 orang dalam kitabnya Bahjatun Nufus wal Asror fii tarikh Dâr Al Hijrah An Nabiyyil Mukhtar.

6. Imam Ibnu Adh Dhiya juga menulis jumlah sebanyak 44 orang ashabus suffah dalam kitabnya Tarikh Makkah wal Madinah, hal : 279).

7. Imam Sakhowy (Nama lengkapnya adalah Syamsuddin Muhammad bin Abdurrahman bin Muhammad, wafat 902 H/1497 M). menulis biografi 104 orang ashabus suffah dalam kitabnya Rujhanul Kiffah fî bayani nubdzatin min akhbâro Ahlishshuffah.

Previous Post

No more post

You May Also Like

Tinggalkan Balasan